-->
banner here

Cara Pengobatan Demam Tipes atau Tifoid

- 07.08
advertise here
Cara Pengobatan Demam Tipes atau Tifoid - Demam tipes, tifoid, tifus atau typhoid adalah penyakit infeksi pada usus yang paling sering dicemaskan ketika seseorang menderita demam. Setiap penderita tifus selalu terjadi manifestasi demam tetapi tidak semua demam harus didiagnosis tifus. Deteksi dan diagnosis dini penyakit tifus relatif tidak mudah karena pada awalnya manifestasi klinis penyakit ini tidak khas dan mirip berbagai penyakit lainnya.

cara pengobatan demam tipes atau tifoid

Penyebab Penyakit Demam Tipes

Demam tifoid, atau typhoid disebabkan oleh bakteri Salmonella Enterica dan turunannya, khususnya turunannya yaitu Salmonella Typhi. Penyakit ini dapat ditemukan di seluruh dunia, dan disebarkan melalui makanan dan minuman yang telah tercemar oleh tinja.

Selain Salmonella Typhi, penyabab lainnya yaitu Salmonella Paratyphi A, dan Salmonella Paratyphi B dan kadang-kadang jenis salmonella yang lain. Demam yang disebabkan oleh Salmonella Typhi cendrung untuk menjadi lebih berat daripada bentuk infeksi salmonella yang lain.

Salmonella merupakan bakteri gram negatif yang bersifat motil, tidak membentuk spora, dan tidak berkapsul. Organisme salmonella tumbuh secara aerob dan mampu tumbuh secara anaerob fakultatif. Kebanyakan spesies resistent terhadap agen fisik namun dapat dibunuh dengan pemanasan sampai 54,4º C (130º F) selama 1 jam atau 60 º C (140 º F) selama 15 menit. Salmonella tetap dapat hidup pada suhu ruang dan suhu yang rendah selama beberapa hari dan dapat bertahan hidup selama berminggu-minggu dalam sampah, bahan makannan kering, agfen farmakeutika dan dalam tinja.

Gejala Demam Tipoid

Gejala yang sering timbul pada penyakit demam tipes atau tifus ini diantaranya :
  • Demam bisa mendadak atau berangsur-angsur naik hingga 40 derajat Celcius.
  • Cepat lelah, malas, susah makan, sakit kepala, rasa tidak enak di perut/ nyeri seluruh badan.
  • Dapat diawali diare, kemudian diikuti obstipasi (sulit buang air besar).
  • Bisa terjadi pembesaran hati/ limpa,kembung.
  • Dipastikan dengan pemeriksaan labotarium yang paling sering/ utama terjadi jumlah leukosit rendah, dan WIDAL +. Jika Titer O, H dan Vi meningkat 1/200, 1/360.

Langkah terbaik bagi penderita demam tipoid adalah segera ke dokter dan ikut sarannya. Jika perlu harus masuk rumah sakit (bed rest), makanan yang dianjurkan diantaranya makan yang lunak-lunak, seperti bubur atau yang lainnya yang bebas serat, tidak boleh makanan pedas dan asam atau sesuai anjuran dokter

Penularan Penyakit Demam Tipes

Demam tipoid atau tifus adalah salah satu jenis penyakit menular yang penularannya dapat melalui :
  • Makanan dan air yang terkontaminasi
  • Air liur penderita tifus
  • Fecal oral (bahan-bahan muntahan, faeces yang mengandung kuman         


Saran Produk Perlebahan

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu membunuh kuman dengan antibiotik yang diberikan dokter.

cara pengobatan demam tipes atau tifoid


Advertisement advertise here
 
banner here