-->
banner here

Pengobatan Kencing Batu Tanpa Operasi

- 15.24
advertise here
Pengobatan Kencing Batu Tanpa OperasiGinjal adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh yang fungsinya untuk membersihkan darah. Hasil ekskresi ginjal berupa urin atau air kencing. Jika kinerja ginjal terganggu dapat dipastikan akan mengalami gangguan kesehatan yang amat serius.

pengobatan kencing batu tanpa operasi

Gangguan pada organ ginjal diantaranya timbulnya batu ginjal. Pembentukan batu ginjal dapat terjadi pada saluran kencing (kalkulus uriner) yang menyebabkan rasa nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi. Selain itu dapat juga terbentuk di dalam ginjal (batu ginjal) maupun di dalam kandung kemih (batu kandung kemih). Proses pembentukan batu ini disebut urolitiasis (litiasis renalis, nefrolitiasis).


Gejala batu ginjal yang dapat dirasakan adalah rasa sakit buang air kecil, keinginan buang air kecil terus-menerus tetapi hanya sedikit-sedikit yang keluar, sering terjadi rasa nyeri di pinggang dan demam menggigil. Batu ginjal adalah penyakit yang ditandai dengan adanya batu pada organ ginjal 
atau ureter.

Gejala gejala munculnya batu ginjal atau kencing batu yaitu antara lain :
  • Nyeri pada pinggang
  • Terkadang disertai demam dan kejang
  • Air seni berwarna kuning keruh
  • Adanya riwayat batu ginjal yang diderita sebelumnya oleh salah satu anggota keluarga.
Batu ginjal yang ukurannya masih sangat kecil tidak menyebabkan rasa sakit. Si penderita tidak merasa terganggu melakukan aktivitasnya sehari-hari. Namun, jika batu sudah berukuran cukup besar dan sudah turun ke saluran kemih, rasa sakit akan sangat mendera. Rasanya nyeri, ngilu yang luar biasa, sampai tidak kuat untuk menahannya. Jika merasa nyeri di perut bagian bawah bahkan sampai nyeri punggung yang timbul tenggelam nyerinya. Juga nyeri di daerah antara tulang rusuk dan tulang pinggang, yang menjalar ke perut, derah kemaluan dan paha sebelah dalam..layak berhati-hati.

Batu bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Jika batu menyumbat aliran kemih, bakteri akan terperangkap di dalam air kemih yang terkumpul diatas penyumbatan, sehingga terjadilah infeksi. Jika penyumbatan ini berlangsung lama, air kemih akan mengalir balik ke saluran di dalam ginjal, menyebabkan penekanan yang akan menggelembungkan ginjal (hidronefrosis) dan pada akhirnya bisa terjadi kerusakan ginjal.

Menurut survei dari data statistika Badan Kesehatan Dunia atau WHO, penderita penyakit ginjal mencapai 66.000 kasus pada transplantasi ginjal pada tahun 2005 di seluruh dunia. Pada tahun yang sama juga terjadi kasus penderita 21.000 liver dan 6.000 jantung di transplantasi. Dari data tersebut disimpulkan bahwa transplantasi ginjal terjadi 3 kali lebih besar dibanding transplantasi organ tubuh lainnya.

Penyebab timbulnya kencing batu
  • Kencing Berdiri, sebagian besar yang mengalami dan kemungkinan besar terkena penyakit kencing batu adalah pria. Salah satu penyebab awal dari penyakit kencing batu yaitu saat buang air kecil banyak pria melakukannya dengan cara berdiri, sehingga air seni dalam kantong kemih tidak semuanya keluar dan masih bersisa walaupun sedikit, cairan yang tersisa itu lah yang lama kelamaan mengendap lalu butiran seperti kristal dan menjadi padat.
  • Faktor Keturunan, Faktor keturunan juga memainkan peranan penting dalam penyakit apapun. Jika orangtua memiliki riwayat penyakit kronis tertentu atau penyakit lainnya, maka diturunkan oleh anaknya dengan resiko 6 kali besar.
  • Kebiasaan Hidup, Seseorang yang rajin atau rutin mengkonsumsi air putih minimal 8-10 gelas perhari atau dengan takaran 1-2 liter per hari akan meningkatkan diuresis untuk mencegah terjadinya batu.
  • Makanan, Faktor makanan yang tidak diatur juga bisa menyebabkan kencing batu, karena terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani dan karbohidrat juga dapat memicu terkena penyakit kencing batu.
  • Infeksi, Terjadinya infeksi didalam ureter dan kandung kemih.
pengobatan kencing batu tanpa operasi

Anjuran Pencegahan dan Pengobatan Kencing Batu

Sebagian besar penderita batu kalsium mengalami hiperkalsiuria, dimana kadar kalsium di dalam air kemih sangat tinggi. Obat diuretik thiazid (misalnya trichlormetazid) akan mengurangi pembentukan batu yang baru. Di ianjurkan untuk minum banyak air putih (8-10 gelas/hari). Diet rendah kalsium dan mengonsumsi natrium selulosa fosfat.
·          
Untuk meningkatkan kadar sitrat (zat penghambat pembentukan batu kalsium) di dalam air kemih, diberikan kalium sitrat. Kadar oksalat yang tinggi dalam air kemih, yang menyokong terbentuknya batu kalsium, merupakan akibat dari mengonsumsi makanan yang kaya oksalat (misalnya bayam, coklat, kacang-kacangan, merica dan teh). Oleh karena itu sebaiknya asupan makanan tersebut dikurangi.


Obat herbal untuk kencing batu

Anjuran pengobatan herbal diantaranya dengan obet herbal dari produk perlebahan yaitu diantaranya propolis, madu dan royal jelly. Propolis memiliki fungsi untuk mengatasi peradangan dan infeksi akibat batu yang bersarang. Royal jelly liquid kerjasama dengan propolis untuk meregenerasi sel-sel ginjal sehingga meminimalkan kerusakan. Banyak sekali kejadian menggunakan produk-produk HDI akhirnya tidak perlu operasi karena batu ginjal keluar beserta air seni.

Produk yang disarankan:



pengobatan kencing batu tanpa operasi

Sumber :  
breakthrough-generation.com
Advertisement advertise here
 
banner here